6 Makanan Khas Aceh yang Wajib Anda Coba

Makanan khas Aceh mempunyai cita rasa otentik dan khas. Ciri dari makanan asal Serambi Mekah ini ada pada rasa rempah yang tajam. Simak berbagai kuliner khas berikut yang mampu menggugah selera Anda.

1.     Mie Aceh

Mie khas Aceh sangat terkenal dan bahkan telah ada di berbagai daerah. Mie Aceh biasa dijual bersama dengan martabak dan teh tarik. Hadir dengan tekstur mie kenyal dengan bumbu kaya rempah, sehingga menghasilkan rasa gurih. Anda bisa memilih varian mie kuah atau goreng dengan tambahan daging, seafood, kepiting, telur, dan lain-lain. Sajian ini sangat cocok dinikmati saat hujan karena kandungan rempah di dalamnya yang mampu menghangatkan badan.

2.     Rujak Aceh

Kuliner ini terdiri dari berbagai potongan buah yang disajikan dengan saus kacang seperti halnya rujak. Namun, terdapat buah rumbia yang menjadi ciri khasnya. Buah ini hanya bisa Anda temui di kepulauan Sumatra. Rasanya cenderung sepet, sangat pas berpadu dengan buah lainnya. Ditambah dengan saus rujak yang segar dan biasa disajikan dengan keadaan dingin demi menambah kesegaran.

3.     Eungkot Keumamah

Sajian ini merupakan ikan dengan rasa yang menantang. Jenis ikan yang digunakan berupa tuna yang direbus kemudian dikeringkan. Setelah itu, diiris-iris. Untuk menambah kelezatan, ditambahkan pyla cabai hijau, kentang, santan kelapa, dan bahan rempah lainnya.

Dahulu, masakan ini merupakan makanan pejuang Aceh yang melawan para penjajah. Sebab, ikan di dalam sajian ini diolah melewati berbagai proses sehingga tahan lama. Proses pengeringan pada ikan inilah yang membuat ikan tidak cepat basi, sehingga para pahlawan membawa bekal tersebut saat berperang.

4.     Martabak Aceh

Martabak Aceh mirip dengan martabak pada umumnya, tetapi kulitnya lebih lezat sebab menggunakan bahan dasar seperti roti canai. Selain itu, bumbu yang digunakan lebih tajam. Untuk menambah kelezatan, makanan ini disajikan dengan acar dari irisan cabai rawit dan bawang merah.

5.     Kopi Aceh

Kota Serambi Mekah memang terkenal sebagai pusat produksi kopi jenis Arabika. Bahkan, telah terkenal hingga di seluruh dunia. Kopi Gayo mempunyai rasa dan aroma yang khas. Sehingga, kopi Gayo telah menjadi komoditas unggulan di dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah.

6.     Sate Matang

Disebut sebagai Sate Matang, sebab mulai dikenal pertama kali di kota Matang Glumpang Dua, Bireuen. Namun, kini Anda sudah bisa menemukan Sate Matang di sejumlah kota besar seperti Medan dan Aceh. Daging kambing merupakan bahan utama pembuatan sate ini.

Namun, karena harga kambing lebih mahal, maka diganti dengan daging sapi. Pembuatannya sama dengan jenis sate pada umumnya, kuah kacangnya dibumbui berbagai rempah seperti cengkeh, merica, kayu manis, bunga lawang, dan kapulaga.

Demikian berbagai kuliner khas Aceh yang bisa Anda cicipi ketika jalan-jalan ke Aceh. Anda bisa mengakses laman Orami untuk mendapatkan info lebih lengkap tentang kota Serambi Mekah ini. Tidak hanya masakan khas Aceh, Anda bisa mengetahui informasi lengkap ketika ingin berkunjung ke sana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.