Apa Penyebab dan Cara Mengatasi Jam Tangan yang Berembun

Sekarang sedang terjadinya pergantian musim, hujan bisa datang kapan saja. Bagi Anda penggemar jam tangan, pasti khawatir dengan jam tangan Anda kenakan bila terkena hujan. Meskipun jam tangan memiliki teknologi waterproof dan stainless steel, air yang secara terus menerus dibiarkan membasahi jam tangan Anda akan menimbulkan embun dan bahkan menimbulkan karat.

Kaca jam tangan yang berembun akan mengganggu kita dalam melihat waktu pada jam tangan yang dikenakan. Hal itu disebabkan adanya air yang meresap masuk ke dalam sela-sela jam tangan Anda. Di saat suhu udara sedang hangat, mungkin embun pada kaca jam tangan anda tidak terlihat, namun pada saat suhu udara sedang dingin, maka embun pada kaca jam tangan terlihat jelas dan sangat mengganggu. Tak hanya jam tangan KW1 saja yang berembun, jam tangan original sekalipun mungkin bisa terjadi hal yang sama pula.

Apakah jam original bisa berembun?

Nah, kadang kala jam tangan original pun juga bisa terdapat embunnya mungkin disebabkan dengan beberapa hal seperti terkena air hujan, kepanasan ataupun bekas terendam. Nah, kali ini kami akan membahas apa penyebab dan cara mengatasi jam tangan yang berembun.

Kehujanan

Di musim hujan seperti sekarang, Anda tidak bisa memprediksi kapan hujan turun. Jika cuaca sudah cukup mendung, ada baiknya untuk langsung menyimpan jam tangan.

Kepanasan

Tak hanya air hujan yang bisa membuat jam tangan berembun, tapi kepanasan juga bisa menjadi salah satu penyebab. Embun akan timbul ketika ada uap air yang masuk dan terperangkap di dalam jam tangan. Makanya kehujanan akan menjadi faktor utama yang membuat jam tangan berembun.

Tapi biasanya perubahan suhu yang signifikan juga bisa menimbulkan embun. Jika jam tangan terbiasa untuk disimpan pada suhu ruangan yang cukup dingin, lalu tiba-tiba Anda pakai untuk ke tempat dengan cuaca panas, tak menutup kemungkinan embun bisa langsung muncul pada jam tangan wanita tersebut.

Terendam

Memang sih, berbagai jam tangan dihadirkan dengan fitur water resistant. Tapi tak semua jam tangan dengan fitur tersebut memiliki kekuatan yang sama. Ada beberapa jam tangan yang mampu bertahan di air dalam waktu 4 jam, 8 jam, hingga 10 jam. Jika lebih lama, tentu saja embun bisa timbul pada jam tangan tersebut.

Berikut ini beberapa tips yang mungkin berguna bagi Anda untuk menghilangkan embun pada kaca jam tangan :

  • Mula-mula bersihkan jam tangan Anda. Bersihkan sampai tidak ada air, keringat maupun bahan kimia yang melekat pada jam tangan Anda.
  • Siapkan beras secukupnya.Kira-kira Anda bisa menyiapkan 1/4 liter beras.
  • Siapkan wadah dan masukkan beras yang sudah Anda siapkan tadi pada wadah tersebut.
  • Rendam jam tangan Anda yang berembun pada beras tersebut hingga tidak nampak di permukaan.
  • Lama merendam tergantung seberapa banyak embun yang ada pada kaca jam tangan Anda. Biasanya lama merendamnya sekitar 4-6 jam.
  • Setelah langkah-langkah di atas selesai, angkat jam tangan Anda dan bersihkan dengan kain yang lembut atau tisu.

Selain cara di atas, ada cara lain dalam menghilangkan embun pada kaca jam tangan yaitu dengan cara menjemur jam tangan Anda di pagi hari. Hal ini dilakukan karena udara di pagi hari masih terasa hangat. Jemurlah jam tangan Anda yang berembun 2 jam setiap pagi, setelah 3 kali dijemur biasanya embunnya sudah hilang.

Atau bisa juga dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  1. Nyalakan lilin
  2. Dekatkan jam yang berembun di samping lilin tetapi jangan terlalu dekat
  3. Tunggu hingga 10-30 detik
  4. Setelah kering, kemudian lap jam tangan tersebut dengan kain sutra atau tisu

Bila tidak ada lilin, Anda bisa mencobanya dengan lampu belajar :

  1. Taruh jam tangan anda di bawah lampu karena lampu mempunyai panas.
  2. Diamkan kurang lebih selama 1 menit
  3. Setelah kering, lap dengan kain atau tisu.

Nah, itu saja yang dapat kami sampaikan pada pembahasan kali ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *