Cara Memasak Daging Sapi Bumbu Lapis Lezat dan Istimewa

Seperti yang kita ketahui, tak ada yang lebih spesial dari rempah serta bumbu khas Nusantara Indonesia yang dimasak dengan daging. Salah satunya adalah saat dipadukan dengan resep atau cara memasak daging sapi bumbu lapis yang satu ini.

Akhirnya kami memiliki berkesempatan untuk berbagi satu resep lapis daging istimewa dengan menggunakan banyak rempah – rempah sekaligus. Bicara mengenai banyaknya rempah sebenarnya tidak selalu menentukan apakah makanan tersebut menjadi sangat sulit dimasak atau tidak. Padahal hanya dengan melalui proses yang tidak terlalu panjang dan ribet, banyak sekali masakan Indonesia yang bisa dibilang istimewa dengan sendirinya.

Resep lapis Daging

Cara memasak daging sapi bumbu lapis istimewa ini bukanlah sebuah perkecualian. Karena akan membuat makanan yang sangat spesial, maka kami memilih bagian daging has dalam yang tidak memiliki lemak sama sekali. Iris tipis – tipis sesuai dengan dimensi yang kami bagi di bagian resep dan daging siap untuk dimarinasi terlebih dahulu dengan berbagai macam rempahnya.

Giliran pertama yaitu dengan kombinasi kemiri, ketumbar, dan laos dilengkapi dengan bumbu-bumbu lainnya yang akan dimarinasi bersama dengan daging has dalam. Seperti biasa, apapun yang akan dimarinasi sebaiknya diistirahatkan terlebih dahulu beberapa waktu supaya bumbu bisa benar – benar meresap. Bahkan banyak sekali masakan lain yang dimarinasi dengan cara serius. Ada yang harus dimasukkan terlebih dahulu ke dalam lemari es, ada juga yang berjam-jam, bahkan ada yang lewat hingga 24 jam.

Tapi cukup hanya untuk yang satu ini kami hanya perlu waktu sekitar setengah jam saja. Karena mengingat juga kami inginnya masak segar yakni tidak lama sebelum makan siang atau makan malam. Bahkan untuk sore saat menjelang buka puasa jika di bulan Ramadhan bukan? Selain itu agar bisa buka puasa pasti banyak hal lainnya yang perlu dipersiapkan, sehingga akan lebih ringan rasanya jika menemukan resep – resep yang praktis.

Proses Akhir Pembuatan

Selanjutnya daging yang sudah meresap dengan bumbu – bumbunya hanya perlu digoreng dengan serai, laos, dan daun salam. Jangan lupa tambahkan air dan biarkan masakan ini melalui dengan proses yang dinamakan simmering, atau dibiarkan dulu hingga airnya habis menggunakan api kecil. Dengan begitu, daging pasti akan matang sepenuhnya, semua bumbu pun akan meresap, dan yang tersisa hanyalah makanan lapis daging istimewa yang siap untuk disantap.

Untuk ide menu lainnya bisa juga Anda jadikan pendamping, Anda boleh coba resep lain seperti tumis kangkung atau tumis tempe dengan kacang panjang. Pastinya dijamin cocok dan penuh dengan nutrisi! Nah, langsung saja inilah informasi bahan dan cara memasak daging sapi bumbu lapis yang bisa Anda coba di rumah.

Bahan – Bahan

500 gram Daging Sapi (bagian has dalam)
5 butir Bawang Merah
7 siung Bawang Putih
1 sdm Ketumbar
7 butir Kemiri
2 butir Telur Ayam
4 sdm Kecap Manis
Laos
Daun Salam
Daun Serai
Garam
Gula
Air
Minyak Sayur

Cara Membuat

1. Iris daging tipis terlebih dahulu dengan ukuran 6 cm x 3 cm, kemudian cuci bersih, dan sisihkan.

2. Haluskan gula, garam, ketumbar, kemiri secukupnya. Tambahkan laos yang sudah dimemarkan. Jangan lupa tambahkan bawang merah dan bawang putih.

3. Campurkan bumbu dengan daging kemudian diremas – remas, tambahkan juga telur ayam dan Kecap Manis. Remas remas dan aduk lagi hingga benar – benar merata.

4. Diamkan kurang lebih 30 menit supaya bumbu meresap sempurna.

5. Siapkan minyak yang akan digunakan untuk menggoreng. Biarkan minyak panas terlebih dahulu. Jika sudah panas baru masukkan daging yang telah dibumbui, lalu tambahkan juga laos serai, dan daun salam seperlunya saja. Setelah agak kering, tuangkan air rebus hingga daging lunak dan air habis.

6. Tunggu hingga dirasa sudah matang. Lapis daging lezat dan istimewa siap dihidangkan.

Nah, itulah cara memasak daging sapi bumbu lapis yang lezat dan istimewa. Memasak daging has dalam ternyata tidak selalu merepotkan dan tidak juga memakan waktu terlampau lama bukan? Berbekal dari rempah – rempah lokal ternyata daging has dapat istimewa rasanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *