Ciri-ciri Tipes dan Langkah Pengobatannya

Tipes atau demam tifoid (typhoid fever) adalah penyakit pada saluran pencernaan yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Tipes umumnya disebabkan oleh makanan yang telah terkontaminasi oleh bakteri. Bagaimana ciri – ciri tipes?

Perlu Anda ketahui, tipes bisa menular dari satu orang ke orang lain. Seseorang yang mengalami tipes ini akan merasakan adanya perubahan kondisi tubuh. Maka dari itu, kita sangat perlu untuk mengetahui ciri-ciri dari tipes sebagai langkah dalam antisipasi.

Nah, pada artikel kali ini kami telah merangkum ciri-ciri tipes dan langkah pengobatannya yang tentunya perlu untuk Anda ketahui. Simak berikut ulasan lengkapnya!

Demam

Ciri – ciri tipes yang pertama dan paling umum terjadi adalah demam. Seseorang yang suhu tubuhnya berada di atas angka 37,5 derajat celcius dapat dikatakan mengalami demam.

Seseorang yang terkena penyakit tipes suhu tubuhnya dapat mengalami peningkatan hari demi hari. Bahkan, suhu tubuhnya dapat mencapai 39,5 hingga 40 derajat celcius.

Berkeringat

Keringat yang muncul bersamaan dengan demam dapat menjadi salah satu ciri-ciri tipes. Salah satu penyebab tubuh berkeringat yaitu karena suhu tubuh naik. Meski demikian, demam dan keringat tak selalu muncul secara bersamaan.

Turunnya Berat Badan

Turunnya berat badan bisa menjadi salah satu dari ciri – ciri tipes. Berat badan yang turun bisa menjadi sebab karena hilangnya nafsu makan. Untuk mencegah penurunan berat badan, seseorang yang mengalami tipes sebaiknya mengonsumsi makanan untuk tipes.

Nyeri Otot dan Tubuh Merasa Lelah

Ciri – ciri tipes yang selanjutnya yakni nyeri otot dan tubuh akan terasa sangat lelah. Seseorang yang terserang tipes umumnya mengalami nyeri otot pada seluruh tubuhnya. Ciri-ciri ini biasanya muncul pada minggu-minggu pertama.

Selain itu, seseorang yang mengalami tipes akan merasakan tubuh yang lelah berlebihan. Rasa lelah tersebut bahkan membuatnya lemas dan tak memiliki kekuatan.

Batuk Kering

Gejala batuk kering juga termasuk dalam salah satu ciri-ciri tipes yang tidak boleh Anda abaikan begitu saja. Batuk kering biasanya muncul pada minggu-minggu pertama.

Batuk kering dapat muncul karena beberapa faktor, seperti faktor infeksi virus, iritasi tenggorokan, hingga pembengkakan saluran udara.

Diare atau Konstipasi

Pada umumnya mengalami diare atau mengalami konstipasi merupakan gejala yang sering muncul bagi para penderita tipes. Gejala ini biasanya muncul pada minggu-minggu kedua. Apabila merasakan gejala diare dan konstipasi, maka segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Sakit Perut dan Muncul Ruam

Ciri – ciri tipes yang berikutnya yakni sakit perut. Sakit perut yang akan muncul pada penderita tipes bisa terjadi karena beberapa hal, seperti sembelit, diare atau pendarahan yang terdapat pada saluran pencernaan. Kondisi inilah yang akan menyebabkan penderita tipes merasakan sakit pada perutnya.

Selain itu, akan munculnya ruam juga termasuk dalam salah satu ciri – ciri tipes. Ruam terbilang cukup jarang terjadi pada penderita tipes. Namun, tidak menutup kemungkinan ada beberapa penderita tipes yang mengalami ruam pada bagian perut dan dada.

Langkah Pengobatan Tipes

Untuk langkah paling efektif agar bisa menangani tipes ini adalah dengan memberikan terapi antibiotik. Tidak hanya itu, obat penurun panas sebaiknya juga Anda gunakan agar bisa membantu dalam menurunkan suhu tubuh penderita tipes.

Pengobatan tipes dalam biasanya akan dilakukan di rumah sakit. Namun, jika gejala terasa masih ringan dan dapat terdeteksi lebih awal, maka Anda bisa melakukan perawatan di rumah saja.

Nah, itulah ciri – ciri tipes yang perlu Anda ketahui dan langkah pengobatannya yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *