Inilah Ciri Fisik Kucing Anggora yang Perlu Diketahui

Salah satu jenis kucing yang populer di Indonesia dan banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan adalah kucing Anggora. Tak dapat dipungkiri jika kucing jenis ini banyak dikagumi karena ciri fisiknya yang anggun serta sifatnya yang mudah bergaul dan suka bermain. Jadi, ikatan antara kucing Anggora dengan pemiliknya bisa lebih cepat terbentuk.

Namun, tahukah Anda jika merawat kucing itu gampang-gampang sulit? Terlebih lagi kucing dengan ras seperti kucing Anggora yang satu ini. Nah, sebelum memutuskan untuk membeli kucing ras cantik ini, kenali dulu ciri fisik dan cara perawatannya berikut ini.

Tampilan Fisik Kucing Anggora pada Umumnya

Dalam membedakan ciri fisik kucing Anggora dengan jenis kucing yang lainnya sebenarnya tidaklah begitu sulit. Namun, kalau Anda tidak diteliti dengan benar, bukan tidak mungkin kalau jenis kucing Anggora yang diamati adalah hasil budidaya antara campuran dengan jenis kucing yang lainnya. Untuk itu, penting bagi yang ingin membeli kucing ini untuk tahu betul mengenai tampilan fisiknya.

1. Berat dan Masa Hidupnya

Pada umumnya, tampilan fisik dari kucing Anggora asli terbilang cukup mudah untuk membedakannya dengan jenis kucing yang lainnya. Untuk berat badan anggora berkelamin jantan, normalnya adalah 5 kg dan sedikit lebih ringan untuk yang berkelamin betina. Masa hidup dari kucing jenis ini juga cukup lama, yakni 9 hingga 14 tahun.

2. Warna Mata

Kucing ini juga memiliki warna mata yang indah, seperti biru, kuning emas, hijau, hingga beberapa warna lain yang tidak terduga. Bahkan, tak jarang menemukan kucing Anggora yang mempunyai warna berbeda antara satu mata dengan mata yang lainnya. Tentunya, warna mata yang berbeda ini membuat kucing memiliki keunikannya tersendiri dan memiliki harga jual yang lebih tinggi.

3. Bulu yang Tidak Terlalu Panjang dan Lebat

Selain itu, kucing ini juga dapat dikenali dengan bulunya yang tidak terlalu panjang. Namun, tetap lebat dan dapat beradaptasi dengan cuaca. Warna dasar dari bulu kucing Anggora juga cukup beragam. Mulai dari, putih, cream, merah, hitam, biru, dan banyak lagi lainnya. Pattern pada bulu kucing jenis ini pun bervariasi, seperti solid color, bicolor, calico, smoke, dan juga tabby.

4. Bentuk Kepala dan Tubuh yang Unik

Selanjutnya, meski mirip dengan ciri kucing asli Indonesia, bentuk kepala kucing ini masih menjadi pembeda. Cara termudah membedakannya adalah kucing ini mempunyai bentuk kepala seperti segitiga terbalik yang mana bagian atas kepala terlihat lebar dan terus mengerucut hingga ke dagu. Hidung dari kucing ras yang satu ini juga akan tampak lebih mancung dan lubang hidungnya pun akan terlihat.

Lanjut pada bagian tubuh, kucing Anggora mempunyai bentuk fisik yang panjang dan langsung. Tubuh bagian belakang kucing ini juga relatif lebih tinggi daripada pada bagian depannya dan bertopangan dengan kaki yang terlihat panjang. Oleh karena itu, bisa dibilang ukuran tubuh dari kucing ini tidaklah terlalu besar dan berat.

5. Berekor Panjang dan Tebal

Ciri fisik dari kucing Anggora lain bisa Anda lihat dari bentuk ekornya. Selaras dengan bulu dan ukuran tubuhnya, bentuk ekor dari kucing ini adalah panjang dengan bulu yang tebal dan juga lebat. Apabila merawatnya dengan baik, maka kucing Anggora akan mempunyai ekor yang terlihat mengembang seperti kemoceng yang biasanya ada dalam rumah.

Jika ingin lebih meyakinkan, maka Anda bisa mengamati tingkah laku dari jenis kucing Anggora ini. Pada umumnya, kucing ini mempunyai perilaku yang anggun dan jarang ditemui oleh kucing jenis yang lainnya.

Nah, itulah ciri fisik kucing Anggora yang perlu Anda ketahui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *