Fasilitas dan Tips Mendampingi Anak di Klinik Tumbuh Kembang Anak

Klinik tumbuh kembang anak – Proses pertumbuhan dan perkembangan anak ini tidak selamanya sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini dikarenakan banyak faktor yang mempengaruhinya baik itu keturunan maupun faktor lingkungan.

Keluarga sendiri merupakan tempat terbaik bagi anak untuk mengembangkan kecerdasan kognitif, emosi maupun mental. Orang tua memiliki tanggung jawab dalam membekali anak akan berbagai macam pengetahuan dan nilai yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangannya kelak.

Hubungan yang erat dan mesra antara orang tua dan anak ini bisa tercipta jika kedua belah pihak memiliki komunikasi yang baik. Selain itu bisa mengekspresikan rasa kasih dan sayang kepada buah hati Anda dengan baik.

Fasilitas Klinik Tumbuh Kembang

Klinik tumbuh kembang memiliki berbagai macam fasilitas yang bisa digunakan untuk melatih tumbuh kembang anak. Setiap klinik tumbuh kembang memiliki alat untuk mendiagnosis gangguan perkembangan apa yang terjadi pada anak Anda misalnya adalah autis, hiperaktif dan lain sebagainya.

Anak yang  berkebutuhan khusus seperti down syndrome pun bisa didiagnosis di klinik tumbuh kembang anak ini. Bahkan beberapa klinik tumbuh kembang sudah dilengkapi dengan fasilitas berupa mengetahui potensi anak seperti taraf kecerdasan, perkembangan emosi, dan juga kemampuan sosialisasi.

Tips Mendampingi Anak di Klinik Tumbuh Kembang

Jika anak memiliki indikasi mengalami gangguan tumbuh kembang seperti terlambat dalam berbicara atau terlambat dalam respons motorik maka Anda bisa memeriksakan ke klinik tumbuh kembang anak yang bisa menangani masalah pada gangguan tumbuh kembang anak Anda.

Di klinik Anda sebagai orang tua bisa melakukan konsultasi dengan dokter spesialis tumbuh kembang anak dan bisa menjadwalkan terapi jika memang membutuhkan terapi. Ada beberapa tips yang bisa orang tua lakukan untuk mendampingi anak di klinik tumbuh kembang seperti berikut ini:

  • Melengkapi berkas. Anda harus menyiapkan berkas yang dibutuhkan untuk konsultasi atau memeriksakan anak ke klinik tumbuh kembang. Berkas ini yang akan Anda gunakan dalam pendaftaran. Berkas yang dibutuhkan misalnya adalah KK atau Kartu Keluarga asli dan juga fotokopi, KTP asli dan juga fotokopi milik orang tua. Jika Anda ingin menggunakan BPJS maka Anda membutuhkan rujukan dari Faskes I dan juga salinannya.
  • Lakukan pendaftaran. Saat ini pendaftaran bisa dilakukan dengan cara online sehingga lebih cepat dan mudah.
  • Usahakan untuk selalu datang lebih awal terutama jika Ada menggunakan BPJS. Saat mendaftar sebutkan bahwa Anda akan menggunakan fasilitas BPJS karena tidak semua klinik maupun dokter ini melayani pasien BPJS.
  • Yang tidak kalah penting adalah Anda harus menyediakan makanan maupun camilan untuk bekal anak.
  • Dampingi anak dengan telaten dan sabar. Ketelatenan ini sangat penting dalam mencapai keberhasilan di klinik tumbuh kembang.

OMDC merupakan klinik tumbuh kembang anak terbaik yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan, dengan konsultasi dan memilih klinik terbaik dan terpercaya, anak akan mendapatkan tumbuh kembang yang lebih baik dibandingkan sebelumnya, hubungi kontak untuk informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *